5 Pengeluaran yang perlu Dipertimbangkan Terkait Pekerjaan



Bagi para sobat yang saat ini akan bekerja dan terlebih lagi sudah berumah tangga, tentunya perlu memikirkan mengenai pengeluaran rutin bulanan yang terkait erat dengan keperluan pekerjaan. Boleh jadi biaya yang terkait dengan pekerjaan ini porsinya besar dan menguras isi dompet. Jadi alangkah baiknya memikirkan hal ini untuk menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan.  Berikut 5 Pengeluaran yang mungkin perlu dipertimbangkan terkait dengan Pekerjaan:

1. Transportasi.
Biaya transportasi dari rumah ke kantor membutuhkan anggaran tinggi. Besarnya biaya transportasi dipengaruhi oleh jarak dan frekuensi. Baik menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum.
Memilih kendaraan pribadi yang lebih hemat biaya menjadi solusinya. Atau kombinasikan, beberapa kali tak ada salahnya mencari alternatif kendaraan umum yang lebih murah, dibandingkan mengendarai mobil pribadi setiap hari misalnya. Manfaatkan fasilitas kantor, jika memang tersedia, untuk keperluan pekerjaan.

2. Dilema pengasuhan anak. 
Bagi orangtua bekerja, pengasuhan anak menjadi dilema. Untuk memastikan anak aman dan nyaman, serta terawat dengan baik selama ayah-ibu bekerja, dibutuhkan biaya tinggi. Para orangtua mengakui, menitipkan anak di TPA berkualitas membutuhkan biaya tinggi.

Untuk mengatasi kesulitan ekonomi saat krisis, juga sebagai bentuk penghematan, banyak orangtua yang akhirnya memilih jasa penitipan anak yang lebih murah, meski secara kualitas terjadi penurunan. Mencari pengasuh yang lebih murah menjadi pilihan bagi orangtua bekerja untuk mengurangi pengeluaran keluarga.


3. Penampilan dan fashion.

Penampilan penting dalam pekerjaan dan bahkan menunjang kesuksesan karier. Hal ini terbukti dengan tingginya biaya fashion untuk kalangan profesional. Biaya fashion kalangan profesional ini bergantung pada selera. Jika memilih busana perancang ternama, maka biaya busana kerja ini semakin tinggi.

Anda bisa membatasi pengeluaran dengan menerapkan konsep padu padan berbusana, dengan menggunakan stok pakaian lama. Atau, cari alternatif tempat belanja yang lebih terjangkau namun tetap menunjang penampilan kerja.


4. Makanan dan minuman.

Banyak orang yang menghemat dengan cara membawa bekal dari rumah ke kantor. Ini terjadi karena memang biaya makan dan minum saat bekerja memakan biaya tinggi.

Anda mulai bisa berhemat dengan membatasi diri. Boleh saja sesekali minum kopi untuk bersosialisasi, namun tidak untuk menjadikanya aktivitas rutin harian.


5. Sumbangan.

Kemampuan Anda bersosialisasi di kantor juga turut berpengaruh pada pekerjaan dan karier. Rasanya kok sulit menolak jika Anda rekan kerja yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan dana dari rekan kerja lainnya. Solusinya, Anda tak perlu memaksakan diri jika memang tak memiliki anggaran. Berikan sumbangan sesuai kemampuan Anda, bukan karena gengsi apalagi untuk mencari reputasi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar