Berbagi Informasi Menarik :)

Minum Alkohol Sedikit Mampu Sembuhkan Asma

Share on :
 
detail berita
Ilustrasi Minum Alkohol (sumber : Google)
COPENHAGEN - Para peneliti dari Denmark mengungkapkan dengan meminum alkohol dalam jumlah sedang, maka dapat mengurangi risiko penyakit asma.

Penelitian ini sudah dipresentasikan pada European Respiratory Society's Annual Congress di Amsterdam. Para peneliti menemukan dengan minum 1 sampai 6 gelas alkohol per pekan, dapat mengurangi risiko perkembangan asma dalam tubuh pasien. Demikian seperti dikutip Science Daily, Senin (26/9/2011).

Proses penelitian ini melibatkan 19.349 orang dengan rentang usia antara usia 12 hingga 41 tahun. Semua peserta menjawab kuesioner yang dibagikan pada saat awal dan akhir penelitian untuk membandingkan antara asupan alkohol dengan risiko mengembangkan asma selama 8 tahun terakhir.

Hasil menunjukkan bahwa risiko asma terendah terlihat dalam kelompok yang memiliki asupan alkohol, kurang dari 4 persen dari mereka yang minum 1 sampai 6 gelas alkohol per pekan.

Risiko tertinggi asma diamati pada orang yang jarang atau tidak pernah mabuk, karena mereka 1,4 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi asma. Peminum berat juga memiliki peningkatan risiko perkembangan asma hingga 1,2 kali lebih besar dibanding peminum sedang.

Studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dengan serangan asma. Namun, penelitian kali ini merupakan yang pertama kali dengan menunjukan hubungan antara asupan alkohol dan bagaimana asma manjangkit orang dewasa selama jangka waktu yang panjang.

"Sementara konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, temuan penelitian kami menunjukkan bahwa asupan moderat yaitu 1 sampai 6 gelas alkohol per pekan dapat mengurangi risiko mengembangkan asma. Tentu saja dengan memeriksa semua faktor yang berkaitan dengan perkembangan asma. Kami dapat memahami lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan asma dan bagaimana untuk mencegahnya," ungkap Sofie Lieberoth, dari Bispebjerg Hospital di Denmark.

0 comments on Minum Alkohol Sedikit Mampu Sembuhkan Asma :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Powered By Blogger

submit to reddit